Bumi Perkemahan

Alexadelmio 23 September 2016 07:48:50 WIB

Selamat Datang Di Bumi Perkemahan Ngebrak Kedungwanglu Banyusoco Playen Gunungkidul
Lokasi :
Bumi Perkemahan (BUPER) , terletak di Pedukuhan Kedungwanglu, Kelurahan Banyusoco, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Bumi Perkemahan ini dikelilingi oleh perbukitan hijau yang subur alami, dan di sebelahnya terdapat aliran sungai yang sangat jernih airnya.
Bumi Perkemahan Kedungwanglu di kelola oleh Karang Taruna (Pemuda & Pemudi) Pedukuhan Kedungwanglu, Banyusoco, Playen, Gunungkidul, DIY ini terletak sekitar 20 km dari Kota Wonosari kabupaten Gunungkidul. 
Selain berfungsi sebagai Wana Wisata Harian, lokasi ini sering digunakan untuk berkemah. Di lokasi ini terdapat area perkemahan yang mampu menampung 50 unit kemah (tenda). Kawasan hutan seluas kurang lebih 10 Ha yang merupakan lapangan sepakbola ini dikembangkan menjadi bumi perkemahan yang sangat menarik. 
Di sebelah Bumi Perkemahan Ngebrak terdapat aliran sungai yang sangat jernih airnya yang digunakan untuk keperluan pengunjung, terutama para pengunjung yang berkemah di lokasi ini.

 

Untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan yang berkunjung juga yang berkemah, Bumi Perkemahan Kedungwanglu Banyusoco memiliki fasilitas yang cukup lengkap, diantaranya adalah pagar pengaman, jalan setapak, medan untuk cross cuontry, jembatan, tempat parkir, gardu jaga, rumah petugas, MCK, dan instalasi air yang memadai. Untuk bisa sampai ke Bumi Perkemahan Ngebrak, kita tidak perlu bingung, karena lokasi ini berada di pinggir jalan menuju Pedukuhan Kedungwanglu Kelurahan Banyusoco, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
 
 
Potensi Kawasan
Bumi Perkemahan Ngebrak ini terdiri dari hutan alam dan tanaman campuran (pinus, agathis dan kaliandra). Sumber air yang ada berupa mata air yang saat ini dimanfaatkan untuk keperluan pengunjung. Potensi visual di dalam kawasan yang menarik adalah hutan alam, hutan tanaman, dan perbukitan dengan udara yang sejuk yang biasa digunakan untuk kegiatan pencarian jejak (cross country).

Potensi Wisata
Bumi Perkemahan Ngebrak ini selain digunakan untuk wisata harian juga untuk wisata berkemah. Kegiatan wisata yang dapat dilakukan adalah piknik, lintas alam, Outbound, dan hiking, sedangkan untuk kegiatan berkemah tersedia beberapa kompleks perkemahan dengan kapasitas tampung 50 unit kemah. Semula kawasan hutan seluas 10ha ini merupakan hutan produksi kayu putih yang kemudian dikembangkan sebagai bumi perkemahan.

 
Fasilitas
Fasilitas yang terdapat dibumi perkemahan ini antara lain pagar pengaman, shelter, jalan setapak, jembatan, tempat parkir, gardu jaga, rumah petugas, MCK, dan instalasi air.

Aksebilitas

Bumi Perkemahan Ngebrak ini dapat dicapai dari Kecamatan Playen (12 km) dan dari Kabupaten Gunungkidul (20 km). Kondisi jalan umumnya baik dan corblok sehingga dapat dilalui baik kendaraan roda empat (bus/truck) maupun roda dua. Sehingga peserta dan panitia tidak direpotkan saat akan memasuki maupun meninggalkan lokasi Bumi Perkemahan tersebut.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar