RATUSAN WARGA BANYUSOCO DATANG KEBALAI DESA, ADA APA ?

Sumarwanto,S.Pd.I 24 September 2019 14:21:54 WIB

Senin Tanggal 23 September 2019 mulai Pukul 08.30 WIB satu demi satu warga Desa Banyusoco Datang Ke Balai Desa Banyusoco Kecamatan Playen Gunungkidul dengan membawa Berkas Kependudukan KTP dan Kartu Keluarga. Sempat menjadi pertanyaan beberapa Perangkat Desa, ada apakah tiba- tiba banyak Warga Desa Banyusoco bahkan sampai ratusan orang berdatangan di Balai Desa? Ternyata maksud  beberapa Warga Desa Banyusoco datang kebalai adalah memenuhi undangan Bapak Kepala Desa Banyusoco untuk kegiatan Verifikasi Data bagi Calon Penerima Bantuan Sosial dari Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PPM Satu Hati Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul.

Seperti tahun tahun sebelumnya Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PPM Satu Hati Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul, mengadakan kegiatan Pemberian Bantuan Sosial ke Desa Banyusoco Kecamatan Playen. Pada athun sekarang 2019 Desa Banyusoco mendapatkan Dana Bantuan Sosial sebesar  Rp. 20.300.000,00 (dua puluh juta tiga ratus ribu rupiah) yang digunakan sebagai Bantuan Langsung untuk Kelompok Usaha Produktif (Kelompok SPP) dan untuk Bantuan Paket sembako bagi masyarakat miskin. Dana Alokasi untuk Bantuan Langsung untuk Kelompok Usaha Produktif (Kelompok SPP) sejumlah Rp. 10.950.000,00 ( sepuluh juta sembilan ratus lima puluh ribu rupiah) dan untuk Bantuan Paket sembako bagi masyarakat miskin sejumlah Rp. 9.350.000,00 ( sembilan juta tiga ratus lima puluh ribu rupiah ). Jumlah penerima untuk kelompok SPP sejumlah 26 Kelompok dan dan untuk Bantuan Paket sembako bagi masyarakat miskin sejumlah 77 Jiwa.

Kegiatan Verifikasi data merupakan tahapan kedua, setelah tahapan pertama yakni pembinaan bagi Calon Penerima Bantuan Sosial dari Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PPM Satu Hati Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul. Verifikasi data oleh Bapak Widodo dan Ibu Anik, yakni mencocokan data KTP dan Kartu Keluarga Calon Penerima Bantuan Sosial apakah sama atau tidak dengan Proposal yang telah diajukan di Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PPM Satu Hati Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul. Setelah verivikasi selesai nantinya tinggal menunggu tahapan ketiga yakni pencairan dan penerimaan Bantuan Sosial dari Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PPM Satu Hati Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul. Sehingga dengan adanya Bantuan sosial tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui Kelompok SPP dan mengurangi angka kemiskinan di Desa Banyusoco serta Kelompok SPP yang menjadi anggota di Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PPM Satu Hati Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul semakin tertib dan bersemangat untuk kegiatan Sinpan Pinjam. (ujar Bp. Sutiyono Kades Banyusoco dalam sambutannya)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar