Rela Mempertaruhkan Nyawa Untuk Kembali Pulang ke Rumah

Sumarwanto,S.Pd.I 19 November 2022 21:23:37 WIB

Banyusoco SIDA, Padukuhan  Kedungwanglu adalah salah satu Padukuhan di Kalurahan Banyusoco Kapaewon Playen Kabupaten Gunungkidul. Padukuhan Kedungwanglu terletak di wilayah paling ujung  barat sekitar 4 kilo meter dari Balai Kalurahan Banyusoco dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Bantul. Padukuhan Kedungwanglu terdiri dari kurang lebih 150 kepala keluarga dengan jumlah penduduk sekitar 500 jiwa. Padukuhan Kedungwanglu memiliki alam yang sangat indah di bawah pegunungan dengan hamparan persawahan disekeliling permukiman. Padukuhan Kedungwanglu juga dikelilingi 2 sungai besar yakni sungai oya da sungai prambutan, yang mana pertemuan 2 sungai tersebut (tempuran) berada di wilayah Kedungwanglu.

Padukuhan Kedungwanglu memang sangat indah dan nyaman ketika dilihat pada musim kemarau atau tidak ada turun hujan yang lebat. Akan tetapi hujan yang mengguyur sebagian wilayah di Kabupaten Gunugkidul termasuk di wilayah Kalurahan Banyusoco Kapanewon Playen sejak hari Selasa hingga hari Kamis ini mengakibatkan 2 sungai tadi meluap hingga beberapa kali serta membuat situasi menjadi mencekam. Mirisnya  ketika luapan sungai tersebut hingga menenggelamkan jembatan yang merupakan akses jalan satu- satunya dipergunakan masyarakat Kedungwanglu. Selama 4 hari berlangsung hujan deras turun dan sungai meluap, banyak anak sekolah yang terhambat untuk pergi sekolah, banyak orang yang tidak bisa berangkat atau pulang bekerja.

Sungguh unik dan memprihatinkan sekali, sore tadi hari kamis tanggal 17 november 2022 sekitar pukul 16.00 wib beberapa warga nekat untuk meyeberang jembatan padahal sungai sedang banjir hingga jembatan tidak Nampak. Beberapa warga nekat menyeberang dikarenakan tidak ada jalan lainnya, dan ingin segera bertemu keluarga dirumah. Beberapa warga nekad mempertaruhkan nyawa menyeberangi arus yang deras tidak mau menunggu arus sungai mereda dahulu. Besar harapan dari warga Padukuhan Kedungwanglu Kalurahan Banyusoco Kapanewon Playen kepada Pemerintah Kabupaten maupun Propinsi agar segera dibangunkan jembatan yang lebih layak sehigga warga bisa merasa aman dan nyaman ketika terjadi banjir dan tanpa harus terisolir lagi.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar