Penanaman Kedelai dan Panen Raya Jagung di Kelompok Tani Kepek Banyusoco

Sumarwanto,S.Pd.I 24 Januari 2018 15:18:56 WIB

Banyusoco, 24 Januari 2018

Dalam rangka mensuport peningkatan hasil pertanian jagung dan kedelai diwilayah Gunungkidul, Dinas Pertanian Kabupaten Gunungkidul bersama Wakil Bupati Gunungkidul dan Muspika Kecamatan Playen melakukan Penanaman Kedelai bersama di area pertanian Padukuhan Kepek I Desa Banyusoco Kecamatan Playen Kbupaten Gunungkidul dan juga panen raya jagung. Dalam acara tersebut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gunungkidul memberikan bantuan benih kedelai untuk ditanam di lahan seluas sekitar 30 ha. Juga dari hasil pengubinan panen jagung menghasilkan 8,5 kg, diperkirakan dalam hasil 1 ha lahan menghasilkan 12,10 ton jagung.

Dalam kesempatan itu juga, Wakil Bupati Gunungkidul berkenan memberikan bantuan tunai kepada Kelompok Wanita Tani Kepek Banyusoco dan Kelompok Tani Rukun Tani Kepek Banyusoco masing- masing 1 juta rupiah. Dana itu bertujuan untuk mensuport kepada kelompok tani agar tetap eksis dan berkembang di bidang pertanian sehingga dapat meningkatkan hasil produksi pertanian jagung maupun kedelai.

Setelah acara penanaman dan panen raya selesai dilanjutkan sarasehan dan dialog di rest area taman edukasi pertanian Kepek Banyusoco sekaligus memperkenalkan kepada dinas pertanian, muspika kecamatan playen dan wakil bupati gunungkidul. Bahwa masyarakat kepek I bersama kelompok pertanian dan KRPH akan mengembangkan Wisata Edukasi  Pertanian, Peternakan dan Holtikultura. Sementara kegiatan yang akan dirintis adalah budidaya lebah madu, ulat sutra, empon- empon, polo kependem, murbai.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar