Selamat Datang di Bumi Perkemahan Ngebrak, Kedungwanglu

03 Agustus 2017 23:32:36 WIB

Penulis: Adila Salma Khansa (KKN-PPM UGM 2017 GK-21)

 

Bumi Perkemahan (BUPER) Ngebrak terletak di Padukuhan Kedungwanglu, Kelurahan Banyusoco, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. Bumi perkemahan yang dikelola oleh Karang Taruna Padukuhan Kedungwanglu ini terletak sekitar 12 km dari Kecamatan Playen dan 20 km dari Kota Wonosari. Kondisi jalan umumnya baik dan corblok sehingga dapat dilalui baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat (bus/truk), sehingga pengunjung tidak direpotkan saat akan memasuki maupun meninggalkan lokasi. Ditambah lagi bumi perkemahan ini berada di pinggir jalan utama menuju Padukuhan Kedungwanglu sehingga tidak sulit ditemukan.

Sejauh mata memandang terlihat perbukitan hijau yang subur alami mengelilingi bumi perkemahan ini. Jika ingin melihat indahnya matahari terbit maupun matahari terbenam, pengunjung dapat mendaki bukit terdekat. Dari atas bukit, Padukuhan Kedungwanglu yang terhampar di bawahnya akan memanjakan mata para pengunjung. Tidak hanya itu, di sebelahnya juga terdapat sungai yang aliran airnya jernih dan segar khas air pegunungan.
Kawasan hutan seluas kurang lebih 10 Ha yang dulunya merupakan hutan kayu putih yang kemudian dijadikan lapangan sepak bola ini dapat menampung sekitar 50 tenda. Hutan di sekeliling Bumi Perkemahan Ngebrak ini terdiri dari hutan alam dan tanaman campuran (pinus, agathis dan kaliandra).

Untuk memenuhi kebutuhan pengunjung yang berkemah, bumi perkemahan Ngebrak memiliki fasilitas yang cukup lengkap, diantaranya pagar pengaman, jalan setapak, medan di perbukitan dengan udara yang sejuk untuk kegiatan mencari jejak (cross country), jembatan, tempat parkir, gardu jaga, rumah petugas, MCK, dan instalasi air yang memadai. Selain untuk berkemah, bumi perkemahan Ngebrak juga cocok untuk piknik, lintas alam, outbound dan hiking.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar