Hujan selama sehari semalam mengakibatkan Sungai Oya Banyusoco meluap

Sumarwanto,S.Pd.I 03 Desember 2016 10:31:39 WIB

Banyusoco 02 Desember 2016//

Hujan yang terus mengguyur wilayah Desa Banyusoco pada hari Kamis siang sampai Jum'at tanggal 02 Desember 2016, mengakibatkan Sungai Oya meluap drastis sampai ke Jalan dan pekarangan warga dekat sungai. Akibat dari luapan Sungai Oya tersebut mengakibatkan terputusnya akses jalan penghubung Padukuhan Banyusoco dan Padukuhan Kedungwanglu, padahal jarak antara jalan dan sungai sekitar 150 meter. Tidak ada kerusakan diakibatkan meluapnya sungai oya tersebut, hanya saja akibat dari luapan sungai oya juga menggenangi Pemakaman umum Padukuhan Banyusoco dan Lapangan Volly Banyusoco.

Disamping itu luapan sungai/ banjir juga terjadi di Padukuhan Kedungwanglu yang mengakibatkan terputusnya akses jalan utama warga karena 2 buah jembatan sebagai akses untuk menuju ke Desa Banyusoco tenggelam sampai tidak kelihatan. Akibat dari itu beberapa warga Padukuhan Kedungwanglu yang terdiri dari 5 RT tidak bisa beraktifitas seperti biasa. Banyak siswa  SD, SMP,SMA yang tidak bisa masuk sekolah padahal sekarang baru kegiatan Ujian Akhir Semester dan para guru pun juga tidak bisa mengajar maupun mengawasi muridnya yang sedang ujian. Dan yang lebih menyedihkan ada seorang calon pengantin perempuan dari Padukuhan Kedungwanglu yang mana akan melaksanakan ijab qobul di Balai Nikah Kantor Urusan Agama Kecamatan Playen pukul 08.00 wib hari jum'at, terpaksanya ditunda menunggu banjir reda sampai jembatan bisa dilewati. Sekitar pukul 14.00 wib, banjir sudah mulai surut sehingga calon manten bisa menyebarang lewat jembatan akan tetapi kendaraan roda 2 maupun mobil belum bisa menyebrang, sehingga pernikahan pun bisa dilaksanakan dengan penuh perjuangan menuju kantor KUA.

Setelah dicek dilokasi oleh Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan Aparat dari Pemdes Banyusoco, Akibat dari luapan Sungai oya tersebut tidak menimbulkan kerusakan bangunan fisik. Tetapi masih diperkirakan karena itensitas hujan masih tinggi mengguyur di Wilayah Desa Banyusoco, banjir/ luapan sungai masih akan terus terjadi dan warga diharapkan bisa waspada menyikapi hal tersebut.

Komentar atas Hujan selama sehari semalam mengakibatkan Sungai Oya Banyusoco meluap

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar